22
Jan

Yuk Hidup Ramah Lingkungan Dengan Mengurangi Limbah Rumah Tangga

Setiap hari rumah memproduksi limbah rumah tangga. Limbah rumah tangga dibagi menjadi limbah padat, cari dan juga limbah elektronik. Meskipun limbah ini adalah tanggung jawab pemerintah, namun sebagai pemilik rumah sebaiknya kita berinisiatif untuk mengurangi limbah tersebut. Selain untuk menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan, rumah pun akan jadi bersih dan sehat sehingga nyaman untuk ditinggali.

Apa saja sih yang bisa dilakukan untuk mengurangi limbah rumah tangga? Yuk simak beberapa cara berikut:

  1. Mengurangi Penggunaan Pendingin Ruangan

Pendingin ruangan mengeluarkan zat freon atau CFC yang dapat mengakibatkan penipisan lapisan ozon. Untuk Mengurangi pencemaran lingkungan dengan limbah ini, sebaiknya manfaatkan ventilasi yang ada dirumah untuk pendingin alami.

2. Manfaatkan Air  Bekas

Limbah cair dari dapur atau kamar mandi bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman

3. Stop Pemakaian Kantong Plastik

Sampah plastik menjadi limbah rumah tangga yang paling banyak diproduksi setiap hari. Hal ini dikarenakan plastik sulit untuk diuraikan. Untuk menggantinya, kalian bisa menggunakan reusable bag seperti tas kanvas.

4. Mengolah Sampah organik

Limbah organik yang berasal dari makanan sisa bisa diolah kembali. Cara mudah mendaur ulang limbah organik adalah dengan mengubahnya menjadi pupuk kompos yang bisa digunakan pada tanaman hias atau kebun di rumah.

5. Mengubah Benda Yang Tidak Terpakai

Tidak semua barang habis sekali pakai dan berakhir di tempat sampah. Untuk mengurangi limbah padat ini, kalian bisa mendaur ulang barang yang sudah tak terpakai menjadi barang baru yang memiliki kegunaan dan keindahan.

 

Nah, Mulai sekarang kurangi limbah rumah tangga agar lebih nyaman di rumah dan di lingkungan sekitar.