09
Aug

Tips yang Dilakukan Saat Terjadi Gempa

Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan tidak terduga. Salah satu bencana alam yang dapat terjadi kapan saja adalah gempa bumi. Maka dari itu kita perlu mempersiapkan segala kemungkinan termasuk saat bencana gempa terjadi agar selamat dan terhindar dari bencana. Lalu apa yang harus kita lakukan saat terjadi gempa? Berikut ulasannya.

  • Jangan panik, karena jika anda panik akan hanya menambah tegang suasana. Jika anda berada di dalam ruangan segeralah berlindung di bawah rangka bangunan atau benda lain yang kuat, seperti meja atau kursi untuk melindungi anda dari kemungkinan reruntuhan. Hindari berada di dekat benda yang terbuat dari kaca, untuk menghindari serpihan kaca.
  • Jika anda berada di gedung yang tinggi, jangan menggunakan lift, gunakan tangga darurat untuk keluar. Usahakan anda sudah mengetahui keberadaan pintu darurat sebelumnya.
  • Tunggu hingga gempa berhenti dan segera keluar mencari tempat lapang. Sebelumnya pastikan sudah mematikan kompor dan mencabut tabung gas untuk menghindari kebakaran. Jika anda curiga terjadi kerusakan listrik yang diakibatkan oleh gempa, segeralah matikan sumber listrik rumah anda untuk menghindari konsleting listrik yang dapat membahayakan.
  • Jika anda sudah berhasil berada di luar ruangan, usahakan untuk tidak berada di dekat bangunan, tiang listrik, pohon, baliho, atau benda-benda lainnya yang memungkinkan dapat rubuh karena akan sangat berbahaya jika rubuh dan menimpa orang yang ada di dekatnya.
  • Tetap berhati-hati dan waspada. Lindungi kepala dan wajah anda dengan cara dan alat apapun agar anda tetap merasa aman walaupun sudah berada di luar ruangan.
  • Jangan lupa untuk memberi kabar pada sanak saudara tentang keadaan anda. Bisa jadi keluarga anda sedang panik dan menanti-nanti kabar anda.