08
Nov

Tips Penting Betah Tinggal Di Rumah Saudara

Merantau mengharuskan kita untuk tinggal jauh dari keluarga. Hidup di perantauan tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin kalian merantau untuk melanjutkan sekolah, bekerja atau hanya sekedar mengunjungi tempat perantauan tersebut untuk sementara. Biasanya, untuk menghemat biaya kalian akan memilih tinggal dirumah saudara. Namun, kalian juga harus tahu bahwa menumpang dirumah saudara memiliki cobaan yang lebih berat daripada memilih untuk kos. Untuk kalian yang sedang berjuang di perantauan, tips berikut akan membantu kalian merasa lebih betah dan nyaman tinggal dirumah saudara.

  1. Berusaha Membantu

Meskipun memiliki kegiatan utama di perantauan, seperti sekolah atau bekerja sebaiknya kalian tetap menyempatkan waktu untuk membantu pekerjaan rumah. Kalian bisa melakukan hal kecil seperti mencuci piring, menyapu atau membantu meringankan pekerjaan rumah lainnya.

  1. Senyum, Salam dan Sapa

Bersikap ramah kepada tamu yang datang kerumah. Meskipun bukan dirumah sendiri, berusahalah bersikap sopan kepada siapa saja yang berada dirumah. Memulai membuka omongan-omongan kecil tanpa menunggu pertanyaan.

  1. Tidak Bersikap Acuh

Kalian harus peduli terhadap rumah dan seisinya. Kepedulian yang bisa kalian lakukan misalnya, mematikan keran jika air sudah penuh, membuang sampah atau meletakkan kembali barang yang terjatuh.

  1. Selalu Rapi

Kalian harus menyimpan barang pribadi dengan baik. Jangan terlihat malas dengan keadaan kamar yang berantakan dan buku berserakan. Selain kamar, kalian juga harus berpenampilan rapi.

  1. Tidak Mengasingkan Diri

Mengasingkan diri di kamar bukan pilihan terbaik ketika tinggal dirumah saudara. Meskipun kita sangat lelah setelah melakukan kegiatan, sebaiknya tetap memberikan waktu untuk sekedar berkumpul dengan saudara.