30
May

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi, Lancar Sampai Rumah

Mudik telah menjadi kegiatan yang sudah menjadi tradisi warga Indonesia. Masyarakat kita biasa berkumpul bersama keluarga, sanak saudara, dan lain – lain untuk menikmati puncaknya bulan Ramadhan yaitu Idul Fitri. Kebersamaan tersebut tentu sangat dinanti, terlebih lagi bagi orang – orang yang merantau. Jadi tidak jarang jalan raya ataupun jalan tol ramai karena dipenuhi oleh pemudik yang akan pulang kampung.

Mereka biasa memilih kendaraan umum seperti kereta, bus, dan pesawat terbang sebagai transportasi untuk mudik. Tetapi tidak jarang juga banyak orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi mereka sendiri.  Beberapa orang berpendapat bahwa mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi memiliki resiko yang lebih tinggi. Lalu adakah tips yang harus diperhatikan jika mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi? Tentu ada, berikut tipsnya.

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Memeriksa dahulu kondisi kendaraan sebelum mudik tentu sangat penting dan sangat berpengaruh pada keselamatan diri maupun keluarga. Jangan disepelekan, ya!

  1. Hindari Kelebihan Penumpang

Demi keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, hendaknya hindari penumpang yang melebihi kapasitas kendaraan. Hal ini tidak sehat dan berbahaya bagi keselamatan

  1. Bawa Tunai Secukupnya

Mesin ATM tentu tidak selalu ada disetiap tempat atau perjalanan mudik, maka membawa uang tunai yang cukup sangat dibutuhkan. Lakukan perhitungan uang sebelum berangkat.

  1. Bekal yang Cukup

Membawa makanan dan minuman yang cukup adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Hindari berkendara jarak jauh dalam keadaan perut yang kosong.

  1. Aktifkan GPS

Dijaman yang sudah modern ini, sangat minim kemungkinan tersesat jika kamu menggunakan GPS sebagai penunjuk arah. Jangan sampai waktumu habis hanya karena nyasar atau macet.

Nah, semoga tips di atas membantu anda untuk mendapatkan pengalaman mudik yang lancar dan menyenangkan. Selamat mudik :)