12
Jan

Tips Merawat Perabotan Berbahan Dasar Kayu

Perabotan kayu banyak menjadi pilihan untuk melengkapi hunian saat ini. Selain warna yang natural dan apik, perabotan kayu memiliki desain yang beragam mulai dari desain minimalis hingga model ukiran. Namun dibalik desain yang beragam perabotan berbahan kayu butuh perawatan yang khusus. Berikut beberapa tips untuk merawat perabotan berbahan dasar kayu agar tetap tahan lama.

Tidak Terkena Panas Secara Langsung

Kayu memiliki kandungan kelembaban di dalamnya. Oleh karena itu apabila terkena terik panas secara langsung dapat menimbulkan retakan di permukaan kayu. Tidak hanya itu,  warna kayu akan memudar bila sering terkena cahaya sinar matahari.

Dibersihkan Secara Berkala

Perabotan kayu harus sering dibersihkan, karena hal itu akan menyebabkan perabotan berbahan kayu cepat berdebu dan kotor. Setelah membersihkannya sebaiknya lapisi  permukaan kayu dengan taplak meja agar tidak cepat berdebu.

Tidak Terendam Air

Hindari merendam perabotan berbahan dasar kayu  dengan air atau membersihkannya dengan air. Hal tersebut akan merusak permukaan kayu, sebaiknya siapkan air hangat dan spons untuk mencuci perabotan kayu. Sedikit berikan sabun ke dalam air dan bersihkan bagian sudut yang sulit, kemudian akhiri dengan lap basah dengan permukaan lembut untuk mengelap permukaannya secara keseluruhan.

Manfaatkan Semir Sepatu

Semir sepatu bermanfat untuk menyamarkan retakan pada permukaan perabotan kayu yang sudah lama. Pilih warna semir sepatu yang sesuai dengan perabotan rumah dan oleskan dipermukaan kayu yang mengalami retakan.

Gunakan Tatakan Meja dan Gelas

Untuk menjaga meja kayu agar tetap bagus dan awet sebaiknya selalu gunakan tatakan piring dan gelas ketika menyediakan makanan di atasanya. Nantinya akan meninggalkan noda basah atau panas yang tidak mudah hilang pada permukaan meja kayu.