23
Oct

Tips Menyimpan Barang Koleksi di Apartemen

Ada dua alasan seseorang memiliki barang koleksi; Yaitu barang yang dikoleksi merupakan barang antik atau berharga, atau orang tersebut memiliki hobi atau kesukaan terhadap barang tertentu. Anda bisa jadi salah satu, atau bahkan keduanya. Jika anda merupakan salah satu kolektor, anda pasti memiliki alasan yang kuat untuk memiliki tempat khusus dimana koleksi anda berada aman dari segala resiko kerusakan. Selain untuk menjaga nilai barang ketika dijual kembali, anda juga tidak mau barang yang anda anggap berharga rusak, bukan?

Cara untuk menyimpan barang koleksi bervariasi dari barang yang disimpan. Contohnya, koleksi Gunpla atau Action Figures tidak memerlukan pemeliharan serumit koleksi batik. Jika anda memiliki basemen atau ruang khusus di tempat tinggal anda untuk menyimpan barang-barang koleksi tersebut, ada baiknya untuk selalu melakukan pemeliharaan rutin. Penjadwalan mingguan misalnya, harus dilakukan untuk menjaga kondisi barang tersebut. namun jika anda tinggal di apartemen, yang memiliki ruang sedikit lebih terbatas, terdapat beberapa tips untuk mejaga barang koleksi anda pada kondisi terbaik.

Pastikan tempat penyimpanan yang sesuai. Hal paling mendasar dalam setiap barang koleksi adalah dimana barang-barang tersebut disimpan. Jika anda menyimpan barang yang seharusnya tidak terekspos oleh debu dan udara luar, maka simpanlah dalam kotak kaca yang tertutup rapat atau media penyimpanan lain yang sejenis. Suhu juga sangat mempengaruhi kondisi barang koleksi. Pastikan bahwa suhu ruangan sudah baik untuk menghindari kerusakan barang koleksi anda.

Hati-hati dalam membersihkan barang koleksi. Beberapa barang memerlukan perhatian ekstra sebelum dibersihkan. Jika action figure hanya memerlukan sedikit sapuan kuas atau kain lap halus untuk dibersihkan dari debu, barang-barang yang jauh lebih antik lainnya seperti Vinyl atau buku komik lama memerlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam proses pembersihan.

Selalu simpan barang pelengkap penting. Jika pembelian barang koleksi anda disertai kotak asli atau nota pembelian, ada baiknya untuk selalu disimpan rapi di tempat yang aman. Jika suatu saat permintaan terhadap barang tersebut naik dan semakin banyak orang mencari, calon pembeli anda akan lebih suka untuk membeli barang yang dilengkapi dengan kotak asli dan dokumen pendukung keaslian (jika ada) dan secara langsung akan mendongkrak harga produk tersebut di pasaran.