10
Feb

Tips Menjaga Wallpaper di Dinding Tetap Awet

Motif yang beragam dan bisa mempercantik ruangan merupakan salah satu alasan banyak orang yang memilih menggunakan wallpaper dinding. Namun, seringkali meski baru beberapa tahun, banyak wallpaper dinding yang sudah terlihat kusam. Untuk menghindarinya, wallpaper dinding harus rutin dibersihkan. Terutama debu yang menempel di permukaan. Berikut tips yang bermanfaat untuk Anda agar wallpaper dinding di hunian tetap awet.

Cek Kondisi Kelembapan Dinding

Salah satu poin penting supaya wallpaper dinding tetap awet adalah memperhatikan kondisi dindingnya. Hindari memasang wallpaper pada dinding yang lembap. Kandungan air dari dinding yang lembap akan membuat wallpaper cepat rusak. Cara terbaik untuk membuat wallpaper dinding tetap tetap awet adalah dengan memperbaiki kelembapan dinding. Anda bisa mengakalinya dengan melapisi dinding memakai cat khusus anti-lembap dan bersihkan dari debu sampai benar-benar kering.

Perhatikan Permukaan Dinding

Selain mengontrol kondisi kelembapan dinding, mengecek permukaan dinding juga harus dilakukan sebelum memasang wallpaper. Carilah permukaan yang halus dan rata, karena semakin halus permukaan dinding, maka semakin rekat wallpaper menempel. Jika proses ini tidak  diperhatikan dengan seksama, mungkin wallpaper dinding akan cepat rusak hanya dalam waktu singkat.

Rajin Bersihkan Debu yang Menempel di Wallpaper

Dimanapun tempatnya, debu tentu sangat mengganggu. Salah satunya adalah debu yang menempel pada wallpaper. Untuk mengusir debu, Anda bisa menggunakan lap kemoceng kering agar debu yang menempel mudah terangkat. Saat membersihkan debu pada wallpaper dinding, lakukan dengan gerakan memutar searah jarum jam. Hal ini agar debu yang menempel pada wallpaper dinding benar-benar hilang.

Membersihkan Noda dengan Jeruk Nipis

Sudah tahu kan kalau jeruk nipis memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki sejuta manfaat untuk urusan rumah? Salah satunya adalah untuk merawat wallpaper dinding. Ketika wallpaper terkena percikan noda, Anda bisa menggunakan sedikit perasan jeruk nipis untuk membersihkannya. Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis, kemudian masukkan air perasan ke dalam air hangat. Gunakan air campuran ini dengan menggosokkannya pada wallpaper dinding dengan menggunakan spons lembut. Diamkan beberapa saat, kemudian lap bekas gosokan spons memakai kain halus kering. Khusus wallpaper dinding kamar berbahan kain,  Anda dapat menggunakan sikat dengan perasan air hangat dan jeruk nipis.

Membersihkan dengan Air Hangat dan Sabun Khusus

Campuran air hangat dan sabun khusus sangat cocok untuk membersihkan wallpaper dinding tahan air berbahan vinyl atau akrilik. Wallpaper jenis ini dapat dicuci dengan air hangat, sabun ringan, dan kemudian menyekanya dengan kain kapas atau spons lembut. Perlu diketahui, wallpaper yang dilapisi vinyl memiliki lapisan akrilik di atas permukaannya sehingga cukup tahan terhadap noda minyak, suhu lembab, dan lebih toleran dalam proses pembersihan.