16
May

Tips menjaga suhu udara tetap sejuk di ruangan apartemen tanpa AC

Sekarang setelah suhu di sekitar apartemen Tamansari Prospero Sidoarjo Surabaya semakin memanas, bagaimana caranya supaya bisa tetap tidur nyenyak di malam hari?

  1. Gunakan Tirai

tirai-linen

Gunakan tirai kain alami (linen, katun) dan letakkan ujungnya dalam seember air. Air akan membasahi kain, dan angin dari jendela terbuka bertiup sejuk ke dalam ruangan. Tidak berguna kalau tidak ada angin, tetapi pasti berfungsi kalau sedang dimusim angin.

  1. Gunakan Kipas Angin

best-cooling-fans

Sumber : https://goo.gl/jfnAhC

Jika di luar lebih dingin di malam hari daripada di dalam, letakkan kipas angin di jendela untuk menarik udara dingin masuk. Kamar tidur bisa lebih sejuk dan suara lembut kipas membantu Anda tertidur lebih cepat. Juga bila memiliki dua jendela dengan dua kipas angin, satu untuk ventilasi udara panas keluar, dan yang lain membawa udara dingin masuk. Idealnya, jika Anda memiliki jendela gantung ganda, pasang kipas ventilasi udara panas keluar di bagian atas jendela untuk tarik keluar udara yang naik.

  1. Gunakan tikar

Bunga-kupu-kupu-tikar-bambu-Ganda-menghadapi-lipat-tikar-tiga-piece-set-1-5-1-8

Sumber : https://goo.gl/DhaVUM

Gunakan tikar bambu yang rasanya lebih sejuk daripada matras kapas atau sintetik. Ada banyak pilihan tikar bambu tipis dirancang khusus untuk tidur. Juga spesial untuk bantal. Tentu lebih dingin bila ditambah handuk basah yang sudah disimpan di kulkas.

Anda punya tips lain untuk tetap dingin di hawa Sidoarjo dan Surabaya di musim kemarau? Tuliskan pada kami di pesan komentar.