20
Dec

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Menjaga kesehatan saat musim penghujan sangat penting, agar tidak mudah terserang penyakit. Cuaca dingin serta perpindahan musim dari kemarau ke musim dingin menjadi salah satu penyebab berkembangnya penyakit pada masyarakat. Berbagai penyakit seperti flu, pilek ,demam dan demam berdarah sudah tak asing lagi saat memasuki musim penghujan.

Di Indonesia, hujan telah mengguyur hampir di seluruh wilayah. Agar terhindar dari berbagai penyakit saat musim penghujan, tips berikut bisa Anda lakukan dengan mudah untuk menjaga kesehatan tubuh saat musim penghujan:

1.Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat baik dikonsumsi karena dapat membantu mempercepat penyembuhan diri terhadap virus. Untuk menambah asupan vitamin C, Anda bisa juga memasukkan lada merah dan hijau, pepaya, nanas dalam menu keseharian.

2.Makan Makanan Berkuah Panas

Saat musim penghujan yang begitu dingin, makan sup panas atau minum teh panas bisa mencegah demam atau infeksi karena adanya perubahan suhu yang terjadi pada tubuh.

3.Banyak Minum Air

Haus menjadi tanda tubuh mengalami dehidrasi. Dalam kondisi temperatur rendah, membuat tubuh terus mengeluarkan racun lewat kencing yang dikeluarkan. Maka dari itu, minum air yang banyak sangat baik untuk Anda.

4.Menjaga Kebersihan

Musim penghujan membuat lingkungan sekitar menjadi lembab. Maka dari itu, menjaga kebersihan sangat diperlukan agar lingkungan tetap higienis dan terhindar dari kuman-kuman.

5.Menjaga Makanan Yang Dikonsumsi

Menjaga nutrisi menjadi hal yang paling sederhana. Kurangi makan diluar untuk menjaga higienitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar tidak ada kuman yang ikut.

Beberapa tips diatas bisa Anda lakukan dengan mudah. Yuk, jaga keluarga Anda dari berbagai penyakit dan tetap menjaga kesehatan saat musim penghujan.