03
Dec

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan seperti saat ini membuat tubuh rentan terkena gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan, tubuh dipaksa untuk beradaptasi terhadap suhu dan kelembapan yang berbeda dari sebelumnya. Beberapa penyakit yang dapat menyerang tubuh saat musim penghujan antara lain pilek, flu, batuk, penyakit kulit bahkan demam berdarah. Nah, sebelum tumbang karena cuaca yang tak menentu, sebaiknya kalian harus lebih waspada dan memperhatikan daya tahan tubuh dengan tips sebagai berikut:

  • Konsumsi Vitamin

Proses penyesuaian tubuh terhadap perubahahan cuaca mempengaruhi turunnya sistem imun dan kekebalan tubuh. Sehingga, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin  C secara rutin.

  • Higienis

Tangan merupakan salah satu media paling umum masuknya bakteri dan kuman kedalam tubuh. Maka dari itu, biasakan mencuci tangan dengan sabun disinfektan saat tiba dirumah atau setelah memegang sesuatu.

  • Membersihkan Lingkungan

Rajin membersihkan lingkungan dapat mencegah terserang penyakit saat musim penghujan. Misalkan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang genangan air hujan, menutup penampungan air dan sebagainya.

  • Asupan Makanan

Menjaga asupan makan dengan mengkonsumsi makanan hangat dan berkuah serta menghindari makan gorengan atau makanan yang berminyak.

  • Pola Tidur

Saat musim penghujan, rasa kantuk akan lebih meningkat. Namun, hal ini perlu diabaikan. Karena, porsi tidur yang berlebih membuat tubuh lemas dan kaku pada otot. Hindari juga begadang hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan stamina dan memperbaiki kekebalan tubuh.

  • Baju Hangat

Pakaian yang hangat dan tebal akan melindungi diri dari dinginnya musim penghujan. Selain itu, jangan lupa untuk membawa payung dan jas hujan didalam tas.