14
Jun

Tips Menghemat Listrik di Apartemen

Meskipun tagihan listrik di apartemen tidak mungkin sebanyak tagihan jika anda memiliki rumah pribadi, ada baiknya menghemat listrik untuk menghemat pengeluaran anda. Meskipun apartemen seperti Tamansari Prospero yang menyediakan fasilitas super lengkap sekalipun, anda juga harus meminimalisir tagihan-tagihan anda, bukan? Supaya anda bisa memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan anda yang lain yang memerlukan fokus finansial lebih besar. Menghemat listrik memang terlihat seperti sesuatu yang sepele, tapi jika anda membentuk kebiasaan baik dari itu, tidak menutup kemungkinan sedikit demi sedikit anda mulai menyingkirkan kebiasaan jelek anda.

Terdapat sedikit tips bagi anda yang tinggal di apartemen untuk menghemat pengeluaran bulanan listrik anda, diantaranya :

Menggunakan satu lampu di tengah ruangan untuk penerangan

Trik yang sederhana namun sangat efisien. Daripada anda memasang lampu di setiap sudut ruangan, anda bisa menggunakan satu lampu di tengah ruangan untuk kebutuhan penerangan anda. Ingat, apartemen berbeda dengan rumah konvensional. Satu atau dua buah lampu dengan lokasi yang tepat dapat menerangi seluruh flat. Jadi lupakan cara lama penerangan yang mengharuskan anda mengeluarkan biasya ekstra untuk menerangi ruangan anda. Hematlah listrik anda.

Matikan lampu jika keluar apartemen

Satu lagi kebiasaan yang terdengar sepele namun sangat membantu anda dalam jangka panjang. Kebiasaan mematikan lampu sebelum meninggalkan tempat tinggal memang sepele, tapi bayangkan biaya harus anda keluarkan jika anda meninggalkan flat anda selama 12 jam, dan selama itu pula lampu-lampu yang ada pada ruangan anda menyala. Jika Cuma satu atau dua hari memang tidak masalah, tapi jika diakumulasi hingga berbulan-bulan, maka anda akan merasakan biaya yang harus anda keluarkan untuk sebuah kebiasaan yang jelek memang tidak murah.

Cabut charger smartphone anda jika tidak digunakan

Hampir sama seperti mematikan lampu, charger smartphone mungkin salah satu hal yang sering anda interaksikan tapi jarang anda rawat dengan benar. Charger yang tidak dicabut selain merusak charger tersebut dalam jangka panjang, hal itu juga memakan daya listrik, walaupun sedikit. Tapi jangan lupa, sedikit pun jika diakumulasi dalam jangka waktu yang lama, akan menjadi banyak dan boros.

Jadi ingatlah untuk berhemat, sekecil apapun itu. Jangan biasakan meremehkan kebiasaan buruk walau itu kecil, karena porsi besarnya akan nampak jika sudah terkumpul dalam jangka waktu yang lama atau jumlah yang banyak.

Image Source : https://goo.gl/59GKDb