09
Nov

Tips Mengetahui Status Tanah Apartement

Bagi pengguna, penyewa dan pembeli properti istilah dokumen resmi sertifikat Hak Guna Bangunan dan Sertifikat Hak Milik sudah memahami betul. Namun bagi yang akan membeli dan menginvestasi harus mengerti dan mengerti perbedaan kedua dokumen tersebut. Tidak hanya itu beberapa tips untuk mengetahui status tanah di apartement yang akan anda tinggali.

Sertifikat Hak Guna Bangunan HGB adalah hak memanfaatkan dan mendirikan bangunan di atas tanah yang disebutkan di sertifikat dalam jangka awaktu tertentu. Sertifikat ini tidak hanya bisa dimiliki warga negara indonesia saja namun warga negara asing pun juga bisa memiliki sertifikat HGB ini. Beberapa keuntungan dari serifikat HGB ini adalah dana yang relatif lebih murah di banding SHM. Namun jangka waktu yang dimiliki HGB ini harus terus diperpanjang sesuai dengan habisnya kontrak.

Sertifikat Hak Milik atau SHM adalah Sertifikat kepemilikan sepenuhnya. Sertifikat ini tidak memiliki jangka waktu kepemilikan dan paling terkuat di Indonesia. Namun sertifikat ini hanya boleh dimiliki warga negera Indonesia saja, warga negara asing maupun investor asing tidak bisa memiliki sertifikat tersebut.

Berikut beberapa tips memilih status tanah apartement yang akan anda investasi ataupun yang akan anda tinggali sendiri, agar anda lebih memahami.

  1. Cari Informasi melalui internet.

Apabila anda sedang akan berinvestasi dan membeli apartement baru sebaiknya anda mencari informasi lebih detail mengenai status kepemilikan lahan apartement tersebut. Anda bisa mencari di internet dan mencari informasi untung dan ruginya juga.

  1. Datangi Lokasi secara langsung

Apabila anda belum yakin informasi melalui internet anda bisa menanyakannya langsung di lokasi penjualan apartement. Terlebih lagi anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau yang pernah tinggal di apartement sejenisnya.

  1. Jangan ragu bertanya kepada marketing

Sebelum anda memutuskan membeli apartement jangan ragu untuk menanyakan status lahan kepada marketing apartement tersebut. Hal tersebut mencegah anda menyesal apabila terjadi sesuatu keesokan harinya.

  1. Tanyakan mengenai status IMB

Anda juga tidak perlu ragu untuk menanyakan status IMB apakah sudah selesai atau masih di tahap proses pembuatan.

  1. Menunjukkan sertifikat kepemilikan apartement

Anda adalah calon konsumen sehingga anda berhak mengetahui secara detail kepemilikan apartement untuk menghindari  masalah di kemudian hari.

Diatas adalah tips untuk anda memilih apartement dengan melihat status tanah yg dimiliki. Apartement Tamansari Prospero adalah apartement dengan status tanah HGB Murni karena dimiliki oleh pengembang dan perorangan. Sehingga anda yang hendak berinvestasi atau menempati Apartement Tamansari prospero tidak perlu khawatir mengenai status tanah yang dimiliki. Nantinya status tanah HGB murni ini bisa anda tingkatkan menjadi SHM dan anda akan memegang sertifikat tertinggi anda sendiri. Lebih lengkapnya lagi anda bisa mendatangi kantor pemasaran Apartement Tamansari Prospero yang terletak di Kahurian Raya Sidoarjo, Jawa Timur.