08
Oct

Tips mengatasi bencana banjir

Musim hujan adalah satu dari dua musim yang ada di Indonesia. Sekalipun mereka datang setiap tahun, acapkali wilayah-wilayah tertentu masih sering terendam banjir. Apakah yang mengakibatkan hal ini? Terdapat banyak faktor yang membuat suatu daerah menjadi langganan banjir. Mulai dari saluran air yang tidak terawat (sungai dan saluran pembuangan yang sempit), banyaknya sampah di saluran air, wilayah yang  memiliki level dataran cenderung rendah, hingga banjir kiriman dari wilayah lain. dari banyaknya faktor penentu terjadinya banjir tersebut, terdapat beberapa tips sederhana untuk dilakukan ketika terjadi bencana banjir.

Jika hujan lebat terjadi selama beberapa hari dan level air di sektiar tempat tinggal anda mulai meninggi, ada baiknya menyimpan barang elektronik di rumah anda ke tempat yang lebih tinggi (lantai 2 atau loteng) dan mengawasi setiap saluran air dirumah untuk mencegah air banjir memasuki rumah.

Mengungsi lebih dini mungkin merupakan ide terbaik. Meskipun anda belum begitu yakin akan terjadi banjir yang besar, tidak ada salahnya melakukan tindakan pencegahan demi menjamin keselamatan keluarga tercinta anda.

Jika anda sudah terlambat dan banjir setinggi beberapa meter telah merendam kediaman anda, anda tidak perlu panik. Langkah pertama yang anda lakukan adalah, jika saluran listrik belum terputus, segera matikan. Cabut semua alat elektronik dan letakkan di tempat aman (jika masih dapat diselamatkan). Namun ingat, prioritas utama adalah keluarga anda dan dokumen-dokumen penting yang mungkin tersimpan di lemari rumah anda. jangan panik dan cari perlindungan di tempat tinggi. Simpan persediaan makanan untuk dimakan dan usahakan untuk mendapatkan akses melihat ke luar rumah anda, jikalau tim SAR atau regu penyelamat lain melewati kediaman anda.

Jika anda hidup di wilayah rawan banjir, ada baiknya untuk beralih ke tempat tinggal yang lebih praktis dan anti banjir. Bangunan vertikal masa kini sudah di desain sedemikian rupa agar dapat menghalau banjir. Apartemen seperti Tamansari Prospero contohnya, sudah menerapkan standar tinggi untuk memprioritaskan kenyamanan setiap penghuninya.