29
Jan

Tips Berkebun Di Balkon Apartemen

Semakin terbatasnya lahan di kota-kota besar, Tinggal di hunian vertikal atau apartemen menjadi pilihan tepat. Salah satu faktor adalah lokasinya yang strategis. Selain itu, dengan bangunan yang tinggi membuat kalian mendapatkan pemandangan yang luas dan menarik. Namun, tinggal di apartemen membuat kalian memiliki ruang terbatas. Tentunya, balkon atau teras yang kalian miliki juga tidak besar. Nah, meskipun memiliki ruang terbatas, kalian tetap bisa berkebun dengan memanfaatkan balkon apartemen. Tips berikut bisa membantu kalian dalam mencoba berkebun di balkon apartemen:

  1. Manfaatkan area pinggiran balkon untuk menanam bunga atau sayuran menggunakan pot. Pastikan pot memiliki alas untuk menyimpan kelebihan air agar tidak menggenang dan menjadi sarang nyamuk.
  2. Balkon yang sempit, bisa diakali dengan memasang rak-rak kayu di salah satu sisinya. Rak-rak ini bisa diisi pot yang berisi tanaman dan akan lebih tertata rapi.
  3. Menggantung rak atau pot tanaman ke arah luar dapat memperbanyak lahan karena balkon bagian dalam bisa diisi dengan tanaman lain
  4. Perhatikan banyaknya sinar matahari yang masuk ke ballkon sebelum membeli tanaman. Bila balkon terpapar sinar matahari terus menerus, kalian bisa membeli tanaman yang tahan panas.
  5. Tentukan tanaman yang akan ditanam sesuai dengan kebutuhan dan keadaan. Jangan memilih tanaman yang cepat membesar jika kalian memiliki balkon sempit.

Dengan berkebun kreatif seperti diatas, kalian tetap bisa mendapatkan udara segar dan menikmati hasil dari berkebun meskipun tinggal di ruang terbatas seperti apartemen. Yuk Semangat berkebun.