22
Jan

Tips Agar Cat Dinding Tidak Mudah Mengelupas

Cat dinding memiliki peran tersendiri untuk mempercantik dinding dalam hunian anda. Warnanya yang beragam dan dapat anda sesuaikan dengan kesenangan anda. Namun ternyata pekerjaan cat dinding tidak selesai ketika cat sudah diaplikasikan ke dinding saja, tetapi perlu juga adanya perawatan agar cat dinding tidak mengalami masalah, misalnya saja terjadi pengelupasan. Lalu apa saja tips yang dapat dilakukan agar cat dinding tidak mudah mengelupas?

  1. Membersihkan dinding yang akan dicat

Pastikan dinding yang akan dicat sudah bersih dan terbebas dari segala macam kotoran, seperti bekas isolasi, bekas paku, dan sebagainya. Anda dapat membersihkannya dengan alat-alat kebersihan rumah. Setelah dinding bersih, baru anda dapat memulai pengecatan dinding anda.

  1. Menggunakan cat khusus eksterior

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan dinding terkelupas adalah bahan dari cat tersebut yang kurang tepat. Anda dapat menggunakan cat khusus eksterior untuk dinding bagian luar, karena dinding bagian luar memiliki perlindungan lebih dari dinding bagian dalam agar tidak mudah mengelupas.

  1. Menyesuaikan cat dengan bahan dinding

Jika anda ingin mengecat rumah, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah memilih jenis cat tembok yang sesuai dengan bahan dinding rumah anda. Hal ini karena karakteristik setiap bahan dinding berbeda dan akan mempengaruhi pula cat yang cocok digunakan. Misalnya saja bahan dinding rumah anda terbuat dari kayu, maka anda harus mengecatnya dengan cat yang sesuai dengan bahan kayu tersebut.

  1. Memilih warna cat yang cerah

Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan warna yang cerah pada rumah akan mempengaruhi visual rumah anda menjadi indah dan sejuk. Selain itu warna-warna yang cerah memiliki pigmen yang lebih sedikit, yang membuat resiko warna cat memudar akan berkurang. Warna yang dapat Anda gunakan tersebut diantaranya adalah warna kuning, merah muda, putih, hijau soft dan sebagainya.