28
Jan

Tips Agar Air Conditioner (AC) Apartemen Awet

AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan merupakan alat pendingin efektif dan sudah menjadi kebutuhan utama suatu hunian. Terutama pada sebuah hunian vertikal atau apartemen. Keberadaan apartemen di kota-kota besar yang banyak polusi membuat cuaca terasa panas setiap harinya. Hal ini tak memungkiri penggunaan AC yang dinyalakan sepanjang hari untuk menyejukkan apartemen.

Namun, semakin seringnya digunakan AC juga bisa cepat rusak. Untuk menjaga keawetan AC apartemen supaya tetap dingin, kalian bisa perhatikan tips perawatan AC yang benar seperti berikut:

1. Tutup Jalur Udara

Saat menyalakan AC, pastikan semua jalur udara yang ada sudah tertutup. Dengan begitu AC tidak bekerja keras dalam mendinginkan ruangan dan membuat mesin AC lebih awet.

2. Atur Timer

Dengan memasang timer, AC akan mati secara otomatis tepat pada waktu yang telah di atur sesuai kebutuhan. Maksimal dinyalakan selama 5 jam dalam sekali pemakaian.

3. Bersihkan Filter AC

Filter AC minimal dibersihkan selama 1-2 bulan sekali. Debu yang menumpuk pada filter dapat menghalangi aliran udara dan bisa memicu alergi.

4. Periksa Thermostat

Thermostat (pengatur suhu) perlu diperiksa untuk menjaga dan memastikan temperatur ruang tetap stabil. Sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat.

Nah, Mudah saja kan merawat AC. Merawat AC secara benar dan teratur selain menghemat pengeluaran juga akan membuat apartemen tetap nyaman. Dengan ini, Kalian bisa menciptakan apartemen idaman dengan udara yang sejuk tanpa repot.