18
Jan

Tetap Nyaman Tinggal di Hunian Walau Tidak Nyalakan AC

Cuaca yang panas dan juga aktifitas yang padat membuat tubuh anda menjadi gerah dan selalu menginginkan hawa yang sejuk. Oleh sebab itu banyak orang memilih untuk memasang pendingin ruangan atau Air Conditioner di huniannya. Namun ternyata ada banyak cara yang dapat dilakukan selain memasang pendingin ruangan agar udara tetap sejuk, khususnya bagi anda yang tinggal di apartemen untuk tetap merasa sejuk walaupun tidak menyalakan AC. Simak tips berikut.

  1. Tutup tirai jendela

Menutup tirai jendela ternyata dapat meredam panas akibat pantulan sinar matahari ke kaca jendela lo. Tirai jendela yang tertutup dapat menurunkan suhu ruangan hingga 20 derajat, atau dengan kata lain tirai jendela dapat mencegah apartemen anda terasa panas.

  1. Gunakan sprei yang tepat

Bahan sprei yang anda gunakan untuk pelapis tempat tidur anda juga mempengaruhi kesejukan anda saat istirahat. Pilihlah bahan katun agar sprei tidak terasa panas, dan juga hindari penggunaan bahan flanel dan sejenisnya yang akan membuat anda gerah.

  1. Gunakan kipas angin

Untuk menghemat biaya listrik, anda dapat menggunakan kipas angin sebagai penggati AC. Anda dapat meletakkan kipas angin di tempat strategis dari apartemen anda, agar kerja kipas angin maksimal.

  1. Biarkan udara malam masuk apartemen

Saat malam hari suhu udara tergolong lebih rendah dan sejuk dari siang hari. Anda dapat membukan jendela apartemen anda agar udara malam dapat masuk ke dalam apartemen, sehingga membuat apartemen anda terasa sejuk.

Nah, tips di atas dapat anda coba di apartemen anda. Selain menghemat pemakaian listrik, cara-cara diatas juga mudah dilakukan. Selamat mencoba.