05
Feb

Tahun Baru Imlek 2019, Gong Xi Fat Cai

Tepat pada tanggal 5 februari 2019, warga tionghoa merayakan imlek 2019. Untuk menghormati perayaan ini, pemerintah Indonesia memberikan hari libur nasional pada tanggal tersebut. Dalam menyambut imlek, banyak destinasi wisata, sudut-sudut kota hingga rumah warga yang dihiasi dengan ornamen khas serta kesenian untuk memeriahkan suasana.

Perayaan imlek tak lepas dari ucapan Gong Xi Fat Cai yang selama ini sering diucapkan. Ternyata selama ini banyak orang yang salah mengartikan makna ucapan tersebut. Nah, Gong Xi Fat Cai sendiri memiliki arti “semoga mendapatkan kekayaan lebih banyak lagi”.

Gong Xi Fat Cai diungkapkan agar ada keuntungan dan kesejahteraan sepanjang tahun sehingga keceriaan di hari itu dapat bertahan selama setahun penuh. Meskipun Gong Xi Fat Cai merupakan ucapan terpopuler, namun ucapan ini tidak mengandung ungkapan selamat tahun baru sama sekali lo.

Ungkapan yang mencerminkan suasana tahun baru imlek adalah “Xin Nian Kuai Le” yang berarti “Selamat Tahun Baru”. Masih banyak ucapan-ucapan yang bermakna doa saat perayaan imlek. Momen imlek merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan menjadi momen tepat untuk saling mendoakan dan mengucapkan pengharapan.