13
Jul

Solusi Menghadapi Tetangga Apartemen yang Berisik

Tinggal di apartement dengan hunian yang berdekatan dengan tetangga, menjadikan tetangga ialah sosok yang akrab dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua tetangga memiliki sifat yang menyenangkan, terkadang ada kala tetangga apartemen yang berisik tentu sangat mengganggu keseharian anda. Entah tetangga Anda gemar menyetel music dengan volume kencang, atau berbicara dengan volume suara keras. Menjadikan hunian anda tidak nyaman.

Simak beberapa tips untuk menghadapi tetangga apartemen yang berisik di bawah ini:

  1. Sebelum menempati apartemen, tanyakan tentang penghuni apartemen yang lain

Sebenarnya, Anda bisa mengantisipasi memiliki tetangga yang berisik sebelum menempati apartemen tersebut. Jika ketenangan memang menjadi prioritas Anda, katakana langsung kepada pengelola apartemen. Minta pengelola apartemen menjelaskan secara jelas dan singkat mengenai para penghuni apartemen. Apakah banyak anak muda atau mahasiswa yang tinggal di sana? Apakah ada yang memelihara binatang seperti kucing atau anjing, jika apartemen Anda mengizinkan hewan peliharaan? Apakah ada keluarga muda yang memiliki bayi baru lahir dan/atau balita? Jika unit apartemen yang akan Anda tempati berdekatan dengan penghuni yang berpotensi menimbulkan keributan, mungkin ada baiknya Anda berpikir ulang untuk tinggal di sana.

  1. Jadilah tetangga yang baik dan tidak menimbulkan keributan

Sebelum Anda menegur tetangga apartemen yang berisik, introspeksi terlebih dulu. Apakah Anda juga telah menjaga kenyamanan di lingkungan apartemen dan tidak menimbulkan keributan? Hindari memakai sepatu bersol tebal di dalam apartemen karena akan mengeluarkan suara keras. Usahakan tidak menerima tamu atau menyetel musik pada waktu istirahat di malam hari agar tidak mengganggu tetangga apartemen. Jangan sampai ketika Anda menegur tetangga apartemen yang berisik si tetangga justru balik menegur tingkah laku Anda.

  1. Bicara langsung kepada tetangga Anda

Bisa jadi, tetangga Anda tidak sadar perilakunya mengganggu tetangga-tetangga lain di apartemen. Sebaiknya Anda bicara baik-baik dengan tetangga Anda mengenai keribuya tan yang kerap dibuatnya. Jelaskan secara singkat mengapa Anda merasa terganggu dan diskusikan beberapa solusi yang bisa membuat Anda maupun si tetangga merasa nyaman.