26
Dec

Pentingnya Menjaga Keamanan Hunian Saat Ditinggal Libur Panjang

Menjelang akhir tahun, masing-masing keluarga tentu sudah menyiapkan berbagai rencana mengenai liburan. Tak hanya itu, setiap anggota keluarga juga sudah mempersiapkan libur panjang ini dari jauh-jauh hari. Mulai dari izin cuti bagi yang bekerja, memesan tiket transportasi, booking hotel, menyiapkan peralatan sampai membeli barang-barang yang diperlukan.

Dengan kesibukan masing-masing anggota keluarga, ada satu hal yang tak boleh dilupakan, yaitu tetap memastikan keamanan hunian selama ditinggal libur panjang. Tips berikut akan membantu kalian untuk tetap menjaga keamanan hunian selama liburan.

  • Pastikan Pintu Dan Jendela Terkunci

Hal penting yang tak boleh dilupakan adalah mengunci semua akses keluar masuk seperti pintu. Tak hanya itu, jendela juga harus tertutup dan terkunci rapat.

  • Pastikan Barang Berharga Aman

Apabila ada surat tanah, sejumlah uang tunai atau emas yang berada didalam rumah, sebaiknya kalian menyimpannya ditempat yang tak terduga oleh orang lain. Bila perlu, masukkan barang berharga tersebut kedalam brankas.

  • Cabut Aliran Listrik Dan Tabung Gas

Untuk menjaga rumah agar terhindar dari kebakaran, hal ini sangat dirasa penting. Karena, konsleting dan percikan api sedikit saja dapat memicu terjadinya kebakaran.

  • Nyalakan Lampu

Menyalakan lampu dibeberapa ruang tertentu menandakan bahwa terdapat penghuni di dalam hunian. Hunian yang gelap akan rawan dimasuki oleh penjahat.

  • Nyalakan CCTV Dan Alarm

Jika hunian kalian dilengkapi oleh alarm dan cctv, pastikan semua terhubung dengan benar agar kalian bisa meninggalkan hunian dengan tenang.

  • Jangan Tinggalkan Kunci Di Tempat Rahasia

Banyak orang menyimpan kunci dibawah keset, pot atau taplak meja. Saat kalian pergi berlibur, hindarkan kebiasaan tersebut.