13
Aug

Pentingnya Floor Plan pada Gedung Bertingkat

Seriring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, apartemen menjadi salah satu pilihan masyarakat sebagai hunian karena semakin mendesaknya kebutuhan akan tempat tinggal. Tentunya sebagai penghuni apartemen kita harus memperhatikan floor plan pada apartemen, sehingga apartemen dapat memberikan rasa aman dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Seperti apa floor plan yang baik pada apartemen? Mari kita simak.

  1. Luas apartemen harus sesuai dengan banyaknya penghuni dalam apartemen tersebut. Hal ini sangat penting diperhatikan, karena jika luas apartemen tidak sesuai dengan keadaan penghuni maka akan mempersempit aktivitas dan kebutuhan gerak penghuni. Misalnya pada tipe apartemen tertentu memiliki jumlah kamar yang melebihi standar, hal ini akan sangat mengganggu kebebasan gerak penghuni apartemen.
  2. Partisi pada ruang dalam unit apartemen sebaiknya lebih diminimalkan. Misalnya saja antara dapur dan meja makan tidak perlu dibatasi dengan partisi tembok permanen, cukup dengan wallpaper atau lantai yang berbeda untuk membedakan kedua ruang tersebut. Hal ini supaya hunian terasa lebih leluasa dan fleksibel.
  3. Kenyamanan penghuni apartemen adalah nomor satu, termasuk keleluasaan penghuni. Penghuni sebaiknya tidak merasa terkungkung. Solusinya adalah dengan memberikan sentuhan suasana luar bangunan ke dalam apartemen. Sentuhan suasana luar bisa didapat dengan memberikan bidang transparan pada apartemen, sehingga penghuni dapat menyatu dengan ruang luar dan juga udara luar. Bersentuhan langsung dengan udara luar di dalam apartemen dapat dicapai dengan menyediakan balkon sebagai pengganti teras.
  4. Peletakan perabot tanpa mengganggu sirkulasi udara apartemen juga sangat penting. Perabot diletakan sesuai dengan fungsi ruang. Tidak berlebihan namun mampu memasilitasi kegiatan yang berlangsung tanpa mengganggu sirkulasi di dalam unit apartemen.