17
Sep

Mengimbangi investasi dan gaya hidup

Tidak bisa dipungkiri, semakin tinggi income seseorang, semakin tinggi pula gaya hidupnya. Tidak banyak orang yang sadar terhadap pentingnya investasi. Pentingnya mengimbangi investasi dan gaya hidup merupakan salah satu faktor paling penting untuk menghindari kebutuhan dana tidak terduga. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mengimbangi investasi dan gaya hidup?

  1. Lakukan budget planning

Saat menerima gaji biasanya merupakan saat dimana anda menghambur-hamburkan uang untuk kebutuhan yang sebenarnya kurang diperlukan. Maka dari itu, ada baiknya melakukan budgeting  pemasukan untuk menata kondisi keuangan anda. Jika anda terlalu awam dengan dunia investasi, bagi saja gaji anda ke dalam 3 kategori besar : budget kebutuhan sehari-hari, budget kredit bulanan, dan budget dana tidak terduga. Persentase dari masing-masing kategori sepenuhnya menjadi hak anda. Hanya jika anda sudah mulai terbiasa melakukan ploting terhadap penghasilan bulanan, barulah mulai menghitung dengan sedikit lebih terperinci terhadap pembagian persentase investasi dan dana bulanan.

  1. Memilih kartu kredit dengan limit terbatas.

Kartu kredit dengan limit terbatas berguna untuk menghindari pengeluaran berlebih setiap bulannya. Pemilhan limit terbatas diperuntukkan khususnya bagi anda yang mudah tergiur dengan diskon dan penawaran-penawaran menarik dari vendor. Tidak ada yang salah dengan belanja, hanya saja anda harus mengerti batasan terhadap kemampuan finansial anda setiap bulannya. Selalu tanamkan ke benak anda dan pasangan, jika sudah berumah tangga, bahwa investasi sudah merupakan