09
Oct

Mengatasi Bencana Alam Gunung Meletus

Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara yang seluruh wilayahnya masuk ‘Ring of Fire’, atau biasa disebut dengan Cincin Api Pasifik. Berkaitan dengan ini, wilayah Indonesia tentunya rawan terkena guncangan gempa dan gunung meletus. Seperti beberapa saat lalu, terjadi gempa bumi di Lombok, disusul dengan gempa yang terjadi di Palu. Indonesia sendiri memiliki setidaknya 127 gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif. Bagi anda yang tinggal di wilayah dekat dengan pegunungan, atau bahkan lereng gunung, patutnya harus selalu waspada dan siaga terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Lalu apa saja yang dapat dipersiapkan untuk menghadapi gunung meletus? Sebelum gunung meletus, umumnya layanan darurat setempat selalu memberikan informasi mengenai status gunung dan perlu tidaknya masyarakat sekitar melakukan evakuasi.

Jika gunung belum meletus dan sudah ada perintah evakuasi dari pihak bertanggung jawab setempat, maka ada baiknya segera kumpulkan keluarga anda dan lakukan evakuasi secepatnya.

Namun dalam kondisi tertentu, gunung melakukan aktivitasnya lebih cepat dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan abu vulkanik dan lahar menyebar lebih cepat dari dugaan. Jika hal ini terjadi, pastikan anda memiliki masker wajah untuk bernafas dengan aman. Jika anda tidak memiliki masker wajah, gunakan kain dan dibasahi air bersih, lalu bernafaslah melalui kain tersebut.

Pastikan juga untuk membersihkan atap rumah anda jika abu sudah mulai menumpuk. Jika dibiarkan, maka atap akan menahan beban yang sangat berat yang dapat berakibat robohnya atap.

Selalu pantau status gunung dari sumber informasi terpercaya. Biasanya siaran televisi atau radio akan menyajikan liputan terbaru seputar status gunung yang sedang meletus.