10
Oct

Mencegah Tanah Longsor

Tanah longsor merupakan peristiwa bencana alam yang memiliki dampak luar biasa bagi lingkungan sekitar. Umumnya, daerah lereng bukit yang dihuni pemukiman memiliki resiko besar terdampak tanah longsor. Akibat dari tanah longsor ini sangat beragam, jika hanya merupakan tepian jalan yang berada di sekitaran lereng, mungkin dampaknya hanya lumpuhnya aktivitas lalu lintas di sekitar jalan tersebut. Tapi jika area yang terdampak longsor adalah pemukiman, maka kerugian material sampai korban jiwa melayang pun kemungkinan dapat terjadi. Lalu apa saja penyebab tanah longsor?

Tanah longsor alami dapat disebabkan oleh curah hujan yang sangat lebat, pencairan salju, perubahan ketinggian air, penipisan air tanah, erosi sungai, gempa bumi, aktivitas gunung berapi, atau kombinasi dari semuanya.Bahkan tanah longsor yang terjadi di bawah laut dapat menyebabkan tsunami.

Aktivitas manusia di sekiar lereng juga dapat menyebabkan tanah longsor. Aktivitas seperti menebang pohon, membuat kolam/wadah air yang luas, menggali/menambang tebing secara tegak lurus, mendirikan bangunan, dan lain-lain merupakan salah satu contoh buruk untuk mencegah terjadinya tanah longsor.

untuk mencegah tanah longsor, dibutuhkan adanya kerjasama yang intensif dari pihak masyarakat dan pemerintah setempat. Kebijakan-kebijakan seperti pelarangan penebangan pohon di area lereng, pelarangan pendirian bangunan dan wadah air di daerah sekitar lereng, harus dilakukan dan ditaati dengan baik oleh masyarakat. Pembangungan irigasi juga merupakan salah satu cara paling baik untuk menghindari tanah longsor terjadi.Kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar merupakan faktor penting menghindari terjadinya tanah longsor.