14
Sep

Memilih jenis investasi yang tepat

Melihat kondisi ekonomi masa kini, tentunya tidak keluarga, atau individu, dapat hidup hanya dari gaji pokok kepala keluarga saja. Banyak pasutri yang akhirnya menutupi kebutuhan finansial keluarga mereka dengan membuka usaha, atau sama-sama bekerja. Meskipun alternatif seperti ini banyak dipilih, kebanyakan masyarat Indonesia masih awam dengan istilah investasi. investasi memiliki bentuk yang bermacam-macam, masing-masing dengan resiko dan profit yang bervariasi.

  1. Deposito vs saham

Bentuk investasi pemutaran dana yang paling populer mungkin merupakan investasi saham dan deposito. Lalu mana yang lebih baik dari yang lain? Singkatnya, penanaman modal berupa deposito memiliki resiko yang lebih kecil daripada menanam saham, karena jangka waktu tenor dan bunga pada deposito sudah pasti. Sedangkan saham memiliki resiko yang lebih besar dikarenakan return yang akan didapat nantinya tergantung dari kondisi perusahaan yang anda tanami modal. Jika ditilik dari segi return, mungkin saham dianggap lebih menggiurkan, karena rate yang ditawarkan umumnya jauh diatas investasi deposito pada umumnya. Sebelum anda memastikan tempat anda melakukan investasi, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu.

  1. Rumah vs apartemen

Landed house merupakan salah satu investasi yang dianggap paling menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga tanah yang setiap tahun semakin naik. Tetapi hal ini juga dapat menjadi pedang bermata dua bagia anda, karena bagi anda yang baru saja memulai investasi, resiko yang diusung terlalu besar. Bentuk investasi yang lebih mudah, resiko lebih kecil, dan sesuai dengan perkembangan jaman sekarang adalah investasi apartemen. Contohnya apartemen Tamansari Prospero, yang merupakan apartemen pertama di wilayah Sidoarjo. Melakukan investasi berupa pembelian unit apartemen dinilai lebih fleksibel dibandingkan dengan landed house.