08
Jun

Membeli Rumah atau Apartemen ?

Semua orang pasti butuh tempat tinggal. Pertanyaannya adalah, apakah anda butuh tempat tinggal berupa rumah atau unit apartemen? Beberapa faktor kunci berikut mungkin bisa anda jadikan bahan pertimbangan.

Berikut adalah tiga pertimbangan utama yang harus anda periksa sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau unit apartemen:

Faktor Ekonomi:

Perkirakan faktor investasi yang bisa anda dapatkan dari berinvestasi rumah dan faktor investasi yang anda dapatkan dari berinvestasi apartemen. Bandingkan keduanya, manakan yang lebih efisien. Jika kebanyakan orang berfikiran bahwa rumah merupakan investasi yang sangat menguntungkan-jauh lebih menguntungkan-dibandingkan apartemen, jangan lupa pula bahwa biaya yang perlu anda persiapkan untuk investasi tersebut otomatis jauh lebih besar daripada berinvestasi di apartemen. Ambil contoh jika anda membeli unit di Tamansari Prospero, harga unit yang kami tawarkan saat ini cenderung terjangkau dibandingkan membeli sebuah unit rumah. Dan masyarakat modern cenderung berpola pikir praktis. Mimpi mendapatkan tempat tinggal di daerah strategis dengan biaya yang hemat bisa anda wujudkan dengan membeli unit apartemen di Tamansari Prospero.

Faktor Investasi :

Sebagai manusia, investasi merupakan salah satu faktor penting. Memilih dan membeli tempat tinggal anda hampir sama dengan melakukan investasi. Apakah anda akan melakukan investasi pada unit apartemen atau rumah? Kembali ke fakta bahwa harga rumah dewasa ini sudah sangat mahal, dan biaya yang harus anda keluarkan untuk pemeliharaannya harus anda tanggung sendiri. Bandingkan dengan apartemen yang praktis, dan biaya pemeliharaan yang dapat anda bagi dengan pemiliki gedung. Seperti yang kita bahas di atas, pola pikir masyarat saat ini yang sudah modern membuat kebanyakan orang memilih tempat tinggal yang berlokasi strategis dan harganya terjangkau. Satu-satunya jawaban disini adalah memilih apartemen sebagai produk investasi.

Faktor Kenyamanan :

Faktor kenyamanan mungkin kembali ke pribadi masing-masing penghuni. Jika anda orang yang suka dengan ruang besar, mungkin rumah adalah pilihan yang tepat. Tapi jika anda orang yang suka dengan hal praktis dan ruang minimalis, pilihlah apartemen. Disamping preferensi pribadi, keamanan adalah faktor pendukung lain. Untuk rumah, anda perlu usaha ekstra untuk memikirkan soal keamanan. Jika anda mendapatkan unit rumah di daerah perumahaan, anda bisa sedikit bernafas lega. Sebaliknya, jika anda membeli unit diluar perumahan, anda harus berfikir dua kali soal faktor keamanaan. Berbeda dengan apartemen yang sudah memiliki CCTV dan satuan pengamanan gedung yang siap menjaga aset anda 24 jam. Anda pun tidak perlu khawatir meninggalkan hunian anda dalam jangka waktu yang lama, karena semuanya pasti termonitor dengan aman.

Image Source : https://goo.gl/okWHFY