25
Oct

Memaknai Sumpah Pemuda di Kehidupan Modern

Oktober adalah bulan dilaksanakannya Sumpah Pemuda yang dirumuskan 90 tahun lalu pada Kongres Pemuda II di Batavia. Sumpah pemuda sendiri dirumuskan tanggal 27-28 Oktober 2018, namun diperingati setiap tanggal 28 setiap tahunnya setelah kemerdekaan republik Indonesia tahun 1945. Hasil rumusan Sumpah Pemuda sendiri memiliki makna mendalam yang mengajak setiap pemuda di Indonesia untuk menghargai dan mencintai tanah airnya dengan cara apapun. Bahkan Sumpah Pemuda sendiri dapat dijadikan salah satu titik penting dalam sejarah yang membantu kemerdekaan republik Indonesia.  Lalu bagaimana kita memaknai sumpah pemuda di kehidupan modern ini?

Mempelajari Sejarah

Tentunya peristiwa penting dalam sejarah tidak akan ada artinya jika tidak ada yang mempelajari. Pentingnya peristiwa Sumpah Pemuda menunjukkan jika dalam meraih kemerdekaan, terdapat banyak pengorbanan yang dilakukan oleh pahlawan kita terdahulu. Untuk menghargai jasa mereka, hal paling sederhana yang dapat kita lakukan sebagai pemuda adalah mempelajari sejarah peristiwa-peristiwa tersebut.

Membuat Bangga Negeri

Pemuda identik dengan ide-ide kreatif. Ide-ide yang dapat digunakan untuk membantu sesama, membangun negeri, dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional adalah salah satu amalan Sumpah Pemuda yang dapat kita lakukan. Atlit-atlit pada olimpiade lalu misalnya, dapat mengharumkan bangsa dengan raihan medali dari berbagai nomor perlombaan yang mereka ikuti. Jika anda bukan seorang atlit, berkreasi dengan karya-karya inovatif mungkin merupakan salah satu cara untuk mengharumkan nama bangsa dan memaknai sumpah pemuda dengan baik.

img source : wikipedia.org