24
May

Jangan Tumbang Saat Puasa, Yuk Intip Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa!

Di bulan Ramadhan yang suci ini, umat muslim diharuskan untuk melaksanakan kewajibannya yaitu puasa. Pada umumnya, saat puasa umat muslim menahan diri dari makan dan minum serta perbuatan yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari selama sebulan penuh. Di dunia kedokteran, puasa memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia yaitu detoksifikasi, mengatasi peradangan, dapat mengurangi gula darah, dan lain sebagainya.

Saat puasa, tubuh yang tidak diisi oleh makan dan minuman pastinya akan terasa lemas. Mereka yang tidak terbisa berpuasa seakan tidak punya energi untuk meakukan berbagai aktivitas sehari – hari. Bahkan ada yang jatuh sakit karena kurang fit. Agar ibadah dan aktivitas harian tidak terganggu dan tubuh tetap sehat saat puasa, sangat penting untuk menjaga energi dan asupan makanan. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat puasa

  1. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Minum air saat sahur dan berbuka dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan dan penting saat di bulan Ramadhan. Tetapi perlu diingat, jangan meminum minuman bersoda karena bukan sumber hidrasi yang baik dan dapat memperlambat proses pencernaan.

  1. Jangan Begadang, Istirahat yang Cukup

Dikarenakan waktu tidur yang berbeda dengan sebelumnya, saat di bulan Ramadhan kita dianjurkan bangun pagi untuk mempersiapkan dan makan sahur. Maka dari itu hindari aktivitas yang tidak perlu saat sesudah shalat tarawih dan gunakan untuk beristirahat.

  1. Sempatkan Waktu untuk Berolahraga

Memang tidak dianjurkan saat berpuasa, tetapi olahraga ringan seperti bersepeda dan yoga karena dapat membantu menjaga fungsi tubuh dan sirkulasi darah . jangan melakukan olahraga berat karena dapat menyebabkan pusing, darah rendah, bahkan cedera.