20
Feb

Cara Kreatif Menciptakan Ruangan Tanpa Sekat

Dinding bisa dibilang merupakan salah satu elemen arsitektur yang paling mudah dan paling dikenal untuk mempertegas sebuah ruangan. Selain dinding juga banyak digunakan sekat untuk membedakan ruangan lain dan ruangan satunya. Namun, apakah Anda pernah membayangkan apabila apartemen dibiarkan tanpa sekat. Selain terlihat lebih luas, ide ini juga meningkatkan rasa kreatif untuk mendesain apartemennya tanpa sekat. Berikut adalah tips dan ide untuk Anda menciptakan ruangan tanpa sekat tetapi terlihat makin rapi dan cantik.

Perubahan Level

Perubahan Level

Sumber : https://goo.gl/images/Y38dkV

Perubahan level lantai dapat menandai zona-zona tertentu dalam tata ruang terbuka dan membantu menetapkan hierarki ruang. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya dinding penyekat antara ruang tamu dan ruang baca. Lantai kayu ruang tamu yang berwarna gelap dan lantai keramik warna terang di ruang baca bergabung pada tangga dan membentuk transisi yang bagus antara dua ruang begitu juga langit-langitnya.

Material Lantai

Material Lantai

Sumber : https://goo.gl/images/jBCvb4

Penggunaan material kayu yang hangat di ruang tamu dan material marmer pada dapur menjadi pembatas tegas tanpa harus adanya dinding atau sekat. Dengan hanya mengandalkan material jenis lantai, ruangan dapat menyatu dan terlihat lebih luas.

Batas Cermin atau Kaca

Batas Cermin atau Kaca

Sumber : https://goo.gl/images/FrWTGq

Untuk menyekat privasi di kamar tidur Anda bisa gunakan batas cermin atau kaca yang memberikan kesan luas. Dengan kaca dan cermin yang hadir di tengah-tengah ruangan tanpa sekat juga bisa menambah ilusi ruangan yang lapang.

Pembatas dengan Rak Besar

Pembatas dengan Rak Besar

Sumber : https://goo.gl/images/7KQuPJ

Ambalan rak di antara ruang keluarga dan dapur ini juga merupakan ide menggabungkan 3 ruangan tanpa sekat. Ambalan besar yang juga tidak akan menghalangi arah pandang Anda pada ruangan lainnya juga bisa menjadi ide yang bisa diterapkan di apartemen.