31
Jan

Cara Efektif Membersihkan Plafon atau Langit-langit Hunian

Hunian merupakan tempat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tentunya kenyamanan dan kebersihan hunian menjadi faktor utama agar penghuni selalu merasa betah untuk tinggal. Sebagai penghuni yang peduli terhadap kenyamanan dan kebersihan tempat tinggal, tentunya anda akan memasukkan kegiatan bersih-bersih rumah sebagai salah satu kegiatan rutin anda. Tak terkecuali dengan kebersihan langit-langit rumah, yang sering dilewatkan karena dianggap terlalu merepotkan. Nah, berikut tips untuk membersihkan langit-langit hunian secara efektif yang dapat anda coba.

  1. Kenali jenis/bahan plafon hunian anda

Untuk memberihkan plafon/langit-langit, sebelumnya anda sudah harus mengenali jenis atau bahan dari plafon tersebut. Hal ini bertujuan untuk menentukan jenis perawatan seperti apa yang akan dilakukan, untuk menghindari kerusakan plafon akibat salah perawatan.

 

  1. Menggunakan alat pembersih

Membersihkan plafon yang tinggi tentunya membutuhkan usaha yang lebih. Agar bisa membersihkan plafon yang tinggi tersebut, tentunya anda membutuhkan bantuan alat pembersih. Anda dapat menyiapkan gagang sapu, lap pembersih, tali rafia, dan beberapa karet gelang. Cara pembuatanya adalah dengan menggunakan gagang sapu tersebut, kemudian ditempelkan lap atau busa pada ujung gagang. Sambungkan keduanya dengan menggunakan karet dan tali rafia supaya makin erat dan kuat. Pastikan bahwa ikatan benar-benar kencang supaya lap atau pun busa tidak jatuh ketika hendak digunakan.

  1. Menggunakan alat tambahan

Jika ternyata membersihkan plafon dengan gagang sapu dan lap pembersih dirasa kurang efektif akibat plafon sudah berjamur dan kotoran sulit dihilangkan, anda dapat menggunakan alat tambahan berupa kape scrap dan amplas untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat membersihkan dengan alat tersebut, agar plafon tidak tergores atau rusak.

  1. Mengecat ulang plafon

Apabila cara-cara di atas telah anda lakukan namun kotoran di plafon masih nampak, hal yang dapat anda lakukan adalah mengecat ulang plafon tersebut. Pastikan warna cat yang baru sesuai dengan warna cat yang sebelumnya agar tampilan hunian anda tetap terlihat baik.