29
Aug

Apakah Butuh Kontraktor untuk Renovasi Ruangan Kecil?

 

Ada saat dimana tempat tinggal anda baik rumah ataupun apartemen perlu direnovasi untuk mengikuti perkembangan kebutuhan rumah tangga anda, Seperti membangun rumah baru, renovasi tempat tinggal bahkan ruangan kecil pun juga butuh perencanaan yang matang. Memakai jasa kontraktor adalah solusinya. Berikut tips untuk memilih kontraktor renovasi.

  1. Sesuaikan kebutuhan

Ketika akan memilih kontraktor renovasi, ada baiknya anda sudah memiliki konsep yang diinginkan dan sesuai kebutuhan. Agar saat memilih kontraktor anda dapat menentukan mana yang lebih dapat menyediakan kebutuhan anda. Hal ini karena tidak jarang setiap kontraktor memiliki spesialis atau karakter masing-masing, jangan sampai berbeda dengan ekspektasi anda.

  1. Kredibilitas kontraktor

Untuk meyakinkan anda dalam memilih kontarktor renovasi, anda harus mengetahui kredibilitas kontraktor tersebut. Anda dapat meminta kelengkapan surat ijin mengerjakan proyek dan juga meminta portofolio yang telah di kerjakan kontraktor tersebut. Kredibilitas kontraktor akan terlihat dari dua hal tersebut.

  1. Penawaran harga yang sesuai

Sebelum anda sepakat untuk memilih kontraktor renovasi tersebut, anda harus benar-benar sudah mengetahui dengan pasti biaya yang tertera pada proposal pengajuan kontraktor tersebut. Pastikan biaya yang diajukan realistis dan sesuai dengan anggaran dana anda. Anda harus menghitungnya dengan sangat teliti agar tidak tertipu oleh kontraktor.

  1. Kontrak tertulis

Jika anda ingin proyek yang anda jalankan bersama kontraktor yang anda pilih berjalan lancar sampai akhir, ada baiknya anda membuat kontrak tertulis. Dalam kontrak tersebut bisa anda cantumkan tentang jadwal pembayaran, proses perubahan dari spesifikasi proyek, biaya, dan hal penting lainnya. Kontrak ini dibuat untuk menlindungi kedua belah pihak agar tidak ada yang dirugikan.