24
Oct

Apa saja peran dan tantangan pemuda di era generasi milineal?

Pemuda sering diidentikkan dengan usia yang masih muda serta belum memiliki banyak pengalaman. Selain itu pemuda kerap dinilai memiliki pola pikir yang masih labil dan belum sempurna, serta emosi yang masih sulit terkendali. Namun ternyata disinilah sebenarnya kekuatan dari seorang pemuda, yaitu semangat positif dan juga mimpinya yang besar.  Lalu apa sebenarnya peran dan tantangan pemuda di era generasi milineal in?

  1. Peran pemuda Sebagai Agent of Change

Sebagai pemuda yang aktif dan kreatif, pemuda dituntut untuk dapat membawa perubahan kepada kehidupan yang lebih dinamis dan modern. Dengan pengetahuan dan pendidikan yang lebih berkembang dari sebelumnya, para pemuda diharapkan dapat membawa perkembangan yang positif di segala aspek. Selain itu pemuda juga harus tetap optimis dan tidak berhenti mengerjakan langkah-langkah perbaikan, dalam semua sektor untuk membangun dan mengembangkan negaranya ke arah yang lebih baik lagi. Terlebih di generasi yang semakin canggih dan sangat cepat perkembangannya, pemuda sangat diperlukan untuk menghadapi segala macam perubahan dan tantangan tersebut.

  1. Tantangan pemuda di generasi milineal

Generasi milineal adalah generasi yang sangat lekat dengan teknologi, dimana keadaan ini membuat generasi milineal memiliki kemampuan yang lebih baik dari generasinya terdahulu. Di era generasi yang serba cepat ini , dunia menjadi lebih cepat dan tanpa batas. Informasi dapat pula tersebar lebih cepat dimana saja dan kapan saja. Hal ini tentu sangat bermanfaat apabila digunakan secara tepat. Namun, tentunya dibalik kemudahan tersebut terdapat hal negatif seperti hoax, penipuan, dan lain sebagainya, bila tidak berhati-hati dan bijaksana. Oleh sebab itu, sebagai generasi milineal para pemuda harus memiliki sikap yang bijaksana untuk menghadapi tantangan yang akan dihadapi pada era milenial ini.