06
Nov

6 Tips membuat desain ruang rumah untuk lansia

Dengan kesibukan yang semakin meningkat, sebaiknya kita tidak melupakan tanggung jawab kita sebagai anak untuk tetap merawat kedua orang tua yang semakin menua. Tidak hanya soal kesehatan, namun kita harus memperhatikan kenyamanan dan keselamatan orang tua ketika dirumah. Jangan lupa bahwa semakin tua, orangtua akan mengalami penurunan fisik. Untuk tetap memberikan keamanan, kenyamanan dan kemudahan mereka saat beraktivitas, berikut 6 tips yang bisa diterapkan untuk membuat desain ruang rumah untuk orang lansia:

1. Perhatikan Lantai Rumah
Hindari memilih lantai yang memiliki permukaan licin untuk menghindari lansia terpeleset. Jika menggunakan karpet, gunakan karpet yang tipis dan tidak mudah bergeser.

2. Pencahayaan Ruang
Pencahayaan yang memadai di setiap ruangan sangat dibutuhkan untuk menghindari benjolan dan jatuh. Daerah pada jalan masuk ruangan sangat berbahaya jika penerangan tidak dinyalakan dengan baik.

3. Penempatan Perabotan
Untuk memudahkan lansia dalam melakukan kegiatan seperti mencari kunci dan meletakkan benda, sebaiknya tambahkan meja atau bangku didekatnya.

4. Permudah Pegangan
Sebaiknya knop pintu diganti dengan perangkat keras tuas untuk memudahkan dan membantu lansia yang memiliki kondisi artritis dan kondisi lain. Selain itu, pegangan juga ditambahkan di sudut rumah yang merupakan tempat lansia membutuhkan bantuan.

5. Ciptakan Kamar Mandi Aman
Saat ini kebanyakan orang berpikir menggunakan Shower Grab Bars dapat membantu keamanan saat mandi. Untuk lebih memastikan keamanannya, sebaiknya menambahkan pegangan bar di toilet.

6. Keamanan Tangga
Tangga bisa berbahaya bagi orang tua yang memiliki rumah lebih dari satu lantai. Pegangan tangga di kedua sisi sangat diharuskan. Penerangan yang baik dari atas ke bawah juga sangat membantu untuk memperjelas pijakan.

Picture from pinterest