19
Mar

5 Tips Mencerahkan Kamar Tidur yang Gelap

Ruangan yang gelap akan terkesan suram dan menakutkan, terutama apabila kamar tidur yang gelap karena ruangan tersebut merupakan ruang untuk beristirahat. Sebab ruangan yang gelap akan terasa lembab dan  tidak sehat. Oleh karena itu, berikut tips untuk mencerahkan kamar tidur yang gelap dengan penggunaan pencahayaan langsung dan tidak langsung serta beberapa penyempurnaan tambahan, maka ruangan bisa tampil lebih terang karena dibanjiri cahaya.

Furnitur dengan Warna Cerah

Furnitur dengan Warna Cerah

Sumber: https://goo.gl/images/V42y1c

Perabotan cerah memantulkan cahaya dan membuat ruangan gelap terlihat ceria. Warna pastel biru lembut membawa suasana angin laut segar ke dalam ruangan. Sebuah furnitur memiliki kemampuan untuk menciptakan kontras yang menarik antara elemen terang. Efek yang sama bisa dicapai, misalnya dengan kayu gelap di depan dinding yang terang.

Memilih Tirai yang Tepat

Memilih Tirai yang Tepat

Sumber: https://goo.gl/images/9Nxt4E

Tirai tidak hanya menghiasi ruangan dan membuatnya merasa nyaman dan aman. Namun, Tirai yang tepat bisa membuat ruangan yang gelap menjadi lebih terang. Gunakan tirai ringan dengan warna cerah. Tirai tembus memungkinkan untuk memiliki sedikit cahaya Namun, pilih juga tirai yang berwarna untuk menjaga privasi.

Terang di Semua Sudut

Terang di Semua Sudut

Sumber: https://goo.gl/images/BSGzu1

Kamar yang gelap bisa dihidupkan dengan penerangan lembut dan suasana romantis di setiap sudut ruangan. Dengan penggunaan lampu kuning yang diletakkan di sepanjang sudut redup ruangan, kamar akan tercipta suasana yang hangat dan ramah.

Buat Kontras di Dinding

Buat Kontras di Dinding

Sumber: https://goo.gl/images/wx54zF

Agar furnitur dalam nuansa bercahaya tidak hilang di depan dinding  dan untuk menghindari monoton dalam desain warna, diperlukan kontras pada dinding. Ciptakan kontras ilusi lampu di atas ranjang tempat tidur untuk efek penerangan yang maksimal.

Manfaatkan Bukaan Jendela Kamar

Manfaatkan Bukaan Jendela Kamar

Sumber: https://goo.gl/images/kbYr1i

Jendela sangat bermanfaat untuk ruangan gelap, di mana beberapa sumber cahaya alami tersedia. Maksimalkan terbukannya jendela di siang hari agar ruangan lebih terang tanpa cahaya buatan. Selain itu, kamar akan memiliki udara yang segar karena fentilasi terbuka lebar.