16
Oct

5 Kuliner Unik Asli Indonesia

Anda mungkin orang yang suka travelling, suka mengunjungi tempat baru dan mencicipi masakan baru. Tentunya Indonesia memiliki varian kuliner yang luar biasa banyak, mengingat negeri kita ini adalah negara kepulauan dengan masakan khas yang begitu banyak macamnya. Sebagian dari anda mungkin sudah familiar dengan masakan khas dari beberapa kota besar yang memang sudah terkenal, seperti rujak cingur, rendang, gado-gado, kerak telor, gudeg, bikang ambon, yang tentunya tanpa mencari pun anda sudah tahu asal-usul dari masakan tersebut, bukan? Namun pada daftar kami hari ini, terdapat 5 daftar makanan khas Indonesia yang unik  dan sulit ditemui di sembarang tempat. Berikut daftarnya :

  1. Bagea adalah jajanan ringan khas Sulawesi Utara. Kue kering dengan komposisi tepung sagu yang dicampur dengan gula merah ini sangat lezat disajikan sebagai pelengkap hidangan kopi atau teh anda. Bagea sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh khas Manado, dan cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.
  2. Belalang goreng adalah jajanan unik selanjutnya yang berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Seperti namanya, belalang goreng adalah sajian belalang yang digoreng dengan minyak panas setelah kepala dan kaki-kakinya dibersihkan. Rasa belalang goreng lebih mirip ikan wader, dan bagi anda yang tertarik mencoba, pedagang belalang goreng dapat ditemui dengan mudah di pinggrian jalan Gunung Kidul.
  3. Papua masuk ke dalam daftar penyaji makanan unik selanjutnya. Masyarakat lokal memanfaatkan pohon sagu lebih dari hanya diambil sagunya saja. Mereka mencari dan mengumpulkan ulat pohon sagu untuk kemudian dimakan mentah-mentah atau dibakar. Ulat sagu dipercaya warga lokal memiliki kandungan gizi yang tinggi.
  4. Satu lagi kuliner unik dari Manado. Paniki adalah masakan khas Manado yang terbuat dari kelelawar. Biasa dibuat dengan bumbu santan, Paniki adalah masakan yang cocok bagi kuliner-hunter. Cita rasa unik khas Manado sangat terasa dalam masakan ini.
  5. Binte Biluhuta adalah masakan khas Gorontalo dengan bahan dasar jagung. Secara harfiah Binte Biluhuta dapat diartikan sebagai jagung siram, atau secara umum dapat diartikan sebagai sup jagung. Rasa sedap dan gurih yang unik dapat anda nikmati dari sup jagung khas Gorontalo tersebut. biasanya terdapat sajian bumbu-bumbu yang diletakkan di wadah terpisah dan dapat anda campur ke dalam sup dengan kadar sesuai selera.