25
Oct

5 Cara Menghemat Listrik di Apartement

Selintas tinggal di Aprtement terlihat lebih simple dan praktis.  Namun ternyata tinggal di apartement berpotensi membuat pengeluaran anda lebih banyak. Contohnya saja seperti cicilan KPA (Kredit Kepemilikan Apartement), biaya rekening listrik, operasional, dan keperluan pribadi anda. Tagihan rekening listrik yang setiap bulannya anda bayar adalah tagihan rutin yang bisa anda kendalikan. Anda bisa menghemat listrik sebaik mungkin agar tagihan listrik anda tidak membengkak. Berikut beberapa tips menghemat listrik di apartement anda.

Cabut Kabel yang Tidak Terpakai

Cabut Kabel yang Tidak Terpakai

Sumber : https://goo.gl/images/VrWtWQ

Mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan anda membiarkan barang elektronik anda tertancap di saklar listrik anda meskipun dalam keadaan mati atau tidak terpakai. Biasakan mencabut setelah memakainya, hal ini akan memicu tagihan listrik anda membengkak. Hal ini bisa terjadi meski barang elektronik tersebut tidak terpakai atau dalam keadaan mati, namun apabila kabel masim tertancap di saklar maka aliran listrik akan terus berjalan dan terbuang sia-sia.

Gunakan AC Seperlunya

Gunakan AC Seperlunya

Sumber : https://goo.gl/images/4GDfAh

Apabila anda mempunyai AC di apartement anda, maka pilihlah AC dengan hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off  secara otomatis ketika apartement anda tidak ada orang. AC termasuk barang elektronik yang banyak menghabiskan listrik lebih banyak dibanding perlatan elektronik lainnya. Maka sebaiknya anda segera sadar dan mematikan AC anda apabila tidak begitu diperlukan. Sesuaikan pula suhu ruangan anda dengan keadaan banyaknya orang di dalam ruangan, apabila hanya sedikit tidak memerlukan suhu yang cukup dingin. Hal tersebut juga akan menghemat tagihan listrik anda.

Hemat Pemakain Lampu

Hemat Pemakain Lampu

Sumber : https://goo.gl/images/sY4x8p

Untuk penerangan di apartement anda, gunakan cahaya alami ketika siang hari dan matikan lampu yang tidak terpakai. Anda bisa memanfaatkan dengan membuka lebar jendela apartement anda tanpa dihalangi oleh apapun. Hal ini cukup membantu penerangan anda dan gunakan lampu di malam hari. Mematikan lampu ketika anda tidak menggunakan kamar mandi juga akan sangat membantu, nyalakan apabila anda perlu menggunakannya.

Sembunyikan Saklar

Sembunyikan Saklar

Sumber : https://pin.it/IWvyaL9

Apabila anda memiliki anak kecil di apartement anda, sebaiknya sembunyikan yang berhubungan dengan listrik di rumah anda di tempat yang tersembunyi. Hal ini juga bisa menghemat dan keselamatan anak anda, karena anak anda tidak akan sembarangan menancapkan sesuatu di aliran listrik apartement anda.

Matikan Alat Elektronik Ketika Tidur

Matikan Alat Elektronik Ketika Tidur

Sumber : https://goo.gl/images/F4vKr4

Hindari gadget anda menyala ketika anda tertidur dalam keadaan tertancap listrik atau sedang menyala. TV masih menyala ketika tidur, lampu menyala dan gadget dalam proses pengisian baterai. Sebelum anda mengistirahatkan diri anda sebaiknya anda mengecek TV dan lampu kamar anda sudah dalam keadaan mati dan tercabut dari aliran listrik. Hindari juga Gadget anda dalam keadaan mengisi daya ketika anda memutuskan untuk tidur. Hal-hal kecil inilah yang nantinya meringankan tagihan listrik anda.