12
Oct

5 Alternatif Wisata Pantai di Indonesia

Indonesia dengan segala keindahannya menyimpan banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi jika anda memiliki rencana berlibur di akhir tahun. Sebelum anda berpikir untuk melancong ke luar negeri demi mendapat pengalaman liburan tak terlupakan, tidak ada salahnya untuk melihat daftar beberapa pantai terbaik di Indonesia berikut ini untuk kembali mempertimbangkan destinasi wisata anda. Selain memiliki kualitas yang tidak kalah dibandingkan pantai-pantai mainstream di luar negeri, menghabiskan waktu untuk berkeliling negeri sendiri juga dapat menumbuhkan perekonomian lokal, bukan? Jika pantai seperti Kuta, Lovina, Jimbaran, Parangtritis, Raja Ampat, dan sejenisnya sudah tidak asing di telinga anda, bagaimana dengan daftar pantai-pantai berikut ini?

  1. Pantai Derawan

Kalimantan Timur memiliki satu pantai tersembunyi yang memiliki pemandangan luar biasa indah. Nama ini mungkin asing bagi beberapa di antara anda. Pantai Derawan berada di pulau Derawan, pulau yang belakangan ini ditetapkan sebagai desa wisata oleh Kementiran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini memiliki 2 cara akses, melalui darat dan udara. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Terdapat banyak kegiatan yang dapat anda lakukan di sini, namun yang paling terkenal adalah habitat asli penyu hijau yang dapat anda lihat secara langsung. Satu hal yang dapat dipastikan adalah, pantai Derawan memiliki pemandangan yang luar biasa indah yang bahkan dapat dibandingkan dengan Raja Ampat.

  1. Pantai Iboih Pulau Weh

Aceh rupanya menyimpan salah satu destinasi wisata yang unik. Pantai Iboih terletak di Pulau Weh, Sabang. Pantai ini sendiri sebenarnya merupakan pelabuhan lokal yang digunakan masyarakat sekitar untuk menyeberang ke pulau-pulau kecil di sekitar pantai. Keunggulan dari pantai Iboih adalah kejerhian airnya yang masih terjaga dengan baik.

  1. Pink Beach Pulau Komodo

Pulau komodo, Nusa Tenggara Timur juga menawarkan salah satu pantai yang memiliki keindahan yang sangat eksotis. Pink Beach, seperti namanya, merupakan pantai dengan pasir berwarna pink. Hanya terdapat sedikit pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink, uniknya, salah satu dari sedikit pantai tersebut berada di wilayah nusantara.

  1. Pantai Koka, NTT

Selain pink, rupanya Nusa Tenggara Timur memiliki sekian banyak pantai indah lainnya. Namun dari daftar tersebut, kami memutuskan untuk menyarankan pantai Koka sebagai tujuan wisata alternatif bagi anda. Pantai Koka memiliki keunikan yaitu pasir putihnya yang sangat halus, dan hamparan perbukitan yang melengkapi indahnya pemandangan di sekitar pantai.

  1. Pantai Lengkuas, Bangka Belitung

Setelah dari NTT, sekarang anda kami ajak untuk menuju ke wilayah barat Indonesia, tepatnya di pulau Belitung. Terdapat satu pantai unik bernama pantai Lengkuas. Asal usul pantai Lengkuas sendiri sebenarnya sama sekali tidak berhubungan dengan rempah lengkuas. Namun lebih kepada mercusuar yang menjadi ikon dari pulau tersebut yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Karena lidah masyarakat Indonesia jaman dahulu susah melafalkan ‘lighthouse’, maka jadilah kata lengkuas yang merupakan plesetan dari mercusuar tersebut dalam bahasa Inggris.