06
Jun

4 Hal Penting Persiapan Untuk Pengajuan KPA

Mungkin tidak semua bisa membeli apartmen Tamansari Prospero Sidoarjo Surabaya dengan tanpa kredit atau tunai. Banyak bank yang mengeluarkan produk Kredit Pemilikan Apartmen (KPA). Namun banyak dari kita belum siap mental untuk berutang, ragu akan kemampuan melunasi dan berbagai alasan lainnya.

Berikut 4 hal penting yang perlu Anda siapkan sebelum mengajukan KPA:

Tentukan jangka waktu KPA yang siap untuk Anda ambil. Jangka waktu yang ditawarkan selama ini maksimal 15 tahun. Meskipun demikian, lebih baik jika Anda mengajukan jangka waktu kredit terpanjang supaya cicilan per bulannya kecil. Anda tak perlu khawatir, pengambilan jangka waktu kredit panjang memang disarankan, mengingat investasi properti (rumah dan tanah) nilainya selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Tentukan besarnya cicilan yang mampu Anda bayarkan setiap bulannya. Ini juga ditentukan dari besaran dana uang muka rumah yang minimal sebesar 30% dari harga apartemen. Usahakan besarnya cicilan KPA yang Anda ambil jangan melewati 30% dari pendapatan Anda perbulannya. Ini penting supaya keuangan Anda tidak terkikis oleh cicilan hutang dan bank tidak meragukan permohonan kredit Anda.

Siapkan uang tunai yang cukup. Uang tunai dibutuhkan untuk pengurusan KPA di bank antara lain untuk biaya administrasi booking fee, biaya penilaian jaminan, administrsi kredit dan provisi kredit, dan tentunya uang muka.

Siapkan dokumen persyaratan dan kerapihan laporan keuangan pribadi Anda. Tunjukkan bahwa rekening Anda cukup aktif dalam pergerakan dana keluar-masuk di rekening koran/tabungan sehingga pemberi kredit yakin akan kemampuan Anda mengembalikan KPR tersebut.

Image Source : https://goo.gl/JGQcLJ