15
Oct

3 gunung di Indonesia dengan jalur pendakian tersulit

Jika anda memiliki hobi memanjat gunung, mungkin anda sudah pernah merasakan beratnya medan pendakian gunung-gunung seperti Semeru, Rinjani, Pulosari, Gunung Gede, Penanggungan, dan lain sebagainya. Namun pernahkan anda membayangkan bahwa di Indonesia sendiri, masih banyak gunung-gunung yang wajib untuk dieksplorasi? Berikut adalah daftar 3 gunung yang dikenal paling sulit untuk didaki di Indonesia. Mulai dari faktor keselamatan, cuaca, dan medan yang berkali-kali lipat lebih sulit dibandingkan gunung lain sampai persiapan mental yang sangat matang diwajibkan sebelum anda merencanakan pendakian ke 3 destinasi tersebut. ingat, gunung yang akan kami daftar bukan merupakan ajang latihan bagi pendaki pemula. Anda harus cukup berpengalaman sebelum memutuskan untuk pergi ke salah satu dari 3 destinasi berikut :

  1. Gunung Cartenz, Papua
    gunung Cartenz, atau yang biasa dikenal dengan gunung Jayawijaya, merupakan gunung dengan ketinggian 4884 mdpl dan merupakan salah satu dari 7 summit, gunung dengan puncak tertinggi di dunia. Keunikan dari gunung Cartenz adalah adanya salju di puncak, yang notabene mustahil mengingat Indonesia adalah wilayah tropis yang dilalui garis khatulistiwa. Cuaca ekstrim yang tidak menentu, jalur pendakian yang terjal, dan minimnya transportasi menjadi kendala terbesar para pendaki untuk menaklukan gunung ini.
  1. Gunung Raung, Jawa Timur
    Gunung yang berada di kawasan Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi ini memiliki ketinggian 3332 mdpl. Trek pendakian gunung Raung dirasa sangat sulit dan terjal. Selain banyaknya tebing untuk didaki, jurang juga merupakan salah satu ancaman bagi para pendaki.
  1. Gunung Leuser
    Gunung Leuser terletak di kawatan NAD dan Sumatra Utara. Gunung dengan ketinggian 3466 ini memiliki perbedaan tingkat kesulitan dari sulitnya medan pendakian gunung Raung. Di gunung Leuser, medan bukanlah tantangan utama dari pendakian, melainkan lebatnya semak belukar yang masih memenuhi jalur utama dan ancaman dari hewan buas seperti Harimau Sumatera yang masih merupakan habitat asli di gunung tersebut. Persiapan berupa nyali pun merupakan sebuah kewajiban bagi anda sebelum mendai gunung Leuser.